SAHABAT SETIA YANG AKAN MENEMANI SEORANG SAMPAI DI ALAM KUBUR

🏘🍒 SAHABAT SETIA YANG AKAN MENEMANI SEORANG SAMPAI DI ALAM KUBUR

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah berkata :

Dari Anas bin Malik radhiyallahu anhu dari Rasulullah ﷺ bersabda ,

يتبع الميت ثلاثة، أهله، وماله وعمله. فيرجع اثنان ويبقى واحد : يرجع أهله وماله ويبقى عمله.

“Tiga golongan yang akan mengiringi mayit : keluarganya, hartanya dan amalannya. Maka dua golongan akan kembali pulang dan yang tertinggal adalah satu.
Keluarganya dan hartanya akan kembali pulang, dan akan tinggal (di kubur) bersamanya amalannya.”
(Muttafaq alaih.)

Seorang insan, apabila dia mati, maka akan diiringi oleh para pelayat, diantarkan oleh keluarganya, mereka mengiringinya sampai ke pemakaman. Sungguh aneh kehidupan dunia, betapa rendahnya, betapa hinanya.

Yang menguburkan dirimu adalah orang yang paling engkau cintai, yang menguburkanmu, menjauhkan dirimu dari mereka.
Kalau seandainya mereka diberi uang, agar engkau tetap tinggal dalam keadaan sebagai mayat di antara mereka, niscaya mereka tidak ridha.
Orang yang paling dekat denganmu dan orang yang paling engkau cintai, merekalah yang menguburkanmu, merekalah yang mengiringi kamu dan mengantarkan kamu.

Dalam hadits ini ada dalil, bahwasanya harta dunia, segala perhiasan kehidupan dunia akan kembali, tidak akan ikut bersamamu (dikubur). Harta, anak-anak, perhiasan dunia akan kembali pulang. Siapa yang tersisa bersamamu di alam kubur ? Jawabannya : amalanmu saja.

Maka wahai saudaraku, engkau wajib untuk bersemangat menetapi “sahabat” yang akan tetap abadi, tidak akan meninggalkanmu, pergi bersama orang yang pergi (meninggalkan kubur).

Engkau wajib bersungguh-sungguh sampai amalanmu menjadi amalan yang sholeh, yang akan menemanimu di alam kuburmu, apabila engkau ditinggal sendiri, ditinggal orang-orang tercinta, keluarga dan anak-anak.

📑 Syarh Riyadh Ash-Shalihin 1/412

#nasehat #mayit #harta #kubur #amalan

⏩|| Grup Whatsap Ma’had Ar-Ridhwan Poso
https://chat.whatsapp.com/GPGA8RjzvS5K9K49rw7QC9

💽||_Join chanel telegram
http://telegram.me/ahlussunnahposo