LARANGAN MENJADIKAN KUBUR SEBAGAI MASJID

??LARANGAN MENJADIKAN KUBUR SEBAGAI MASJID??

Syaikh Shalih Al-Fauzan hafizhahullahu berkata :

Diantara amalan ahli jahiliyah dari kalangan ahli kitab dan selain mereka adalah : Menjadikan kubur-kubur para nabi mereka dan orang-orang shalih sebagai masjid-masjid. Dan ini terjadi dan masih terus ada pada orang yahudi, nasrani, orang musyrikin arab dan juga orang-orang yg menisbatkan diri kepada Islam yg beribadah kepada kuburan dan makam-makam.

Ahli kitab adalah yg pertama kali melakukan hal itu. Nabi ﷺ bersabda :

إن من كان قبلكم كانوا يتخذون القبور مساجد‘ ألا فلا تتخذوا القبور مساجد

“Sesungguhnya orang-orang sebelum kalian mereka menjadikan kubur-kubur sebagai masjid-masjid. Ketahuilah, janganlah kalian menjadikan kubur sebagai masjid-masjid.”

Yakni sebagai tempat shalat yg mereka shalat di sampingnya. Karena shalat di sampingnya itu akan mengantarkan untuk beribadah kepadanya. Sekalipun orang yg shalat itu untuk Allah. Akan tetapi jika ia shalatnya di samping kubur maka ini akan mengantarkan untuk menyembahnya.

Terus Bagaimana jika ia berdoa menyeru kuburan. Dan meminta tolong kepada kuburan, sebagaimana yg sekarang dilakukan di samping makam-makam?
Ini adalah agama jahiliyah dari kalangan yahudi, nashara dan selain mereka.
Nabi shallallahu alaihi wasallam, tatkala Ummu Salamah dan Ummu Habibah radhiyallahu anhuma mengabarkan kepada beliau bahwasanya keduanya melihat di negeri Habasyah ada gereja-gereja yg berisi gambar-gambar orang shalih. Karena Ummu Salamah dan Ummu Habibah telah berhijrah ke Habasyah bersma kedua suami mereka, hijrah yg pertama. Keduanya melihat gereja-gereja yg dihias-hias dengan gambar-gambar. Maka keduanya menyebutkan hal itu, maka Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda :

أولئك قوم إذا مات فيهم الرجل الصالح أو العبد الصالح بنوا على قبره مسجدا و صوروا تلك الصور أولئك شرار الخلق عند الله.

Mereka adalah suatu kaum jika ada orang shalih yg mati diantara mereka atau hamba yg shalih mereka membangun masjid diatas kuburannya. Lalu mereka membuat gambar-gambar tersebut. Maka mereka adalah makhluk yg paling jelek di sisi Allah.
HR. Bukhari dan Muslim

? Syarh Masai Al-Jahiliyah 225

⏩|| Grup Whatsap Ma’had Ar-Ridhwan Poso

?||_Join chanel telegram
http://telegram.me/ahlussunnahposo

?||_Kunjungi :
www.mahad-arridhwan.com

??????????

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.