PERINGATAN UNTUK MENGIKHLASKAN NIAT DALAM BERKURBAN

PERINGATAN UNTUK MENGIKHLASKAN NIAT DALAM BERKURBAN

Imam Abdurahman bin Nashir As-Si’diy rahimahullah berkata, Allah Taala berfirman :

لَن یَنَالَ ٱللَّهَ لُحُومُهَا وَلَا دِمَاۤؤُهَا وَلَـٰكِن یَنَالُهُ ٱلتَّقۡوَىٰ مِنكُمۡۚ كَذَ ٰ⁠لِكَ سَخَّرَهَا لَكُمۡ لِتُكَبِّرُوا۟ ٱللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَىٰكُمۡۗ وَبَشِّرِ ٱلۡمُحۡسِنِینَ

“Daging hewan dan juga darahnya sekali-kali tidak akan sampai kepada Allah akan tetapi yang sampai kepada Dia hanyalah ketakwaan dari kalian.
Demikianlah Dia menundukkannya untuk kalian agar kalian mengagungkan Allah atas petunjuk yang Dia berikan kepada kalian. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik.”
QS. Al-Hajj 37

Bukanlah yang dimaksud dari berkurban adalah menyembelih semata, dan tidak pula daging kurban atau darahnya akan sampai kepada Allah Azza wa Jalla sedikitpun, karena Allah Azza wa Jalla itu Maha Kaya lagi Maha Terpuji.

Akan tetapi yang sampai kepada Allah hanyalah keikhlasan di dalam berkurban, mengharap pahala, dan niat yang baik.

Oleh karena itu Allah berfirman :

وَلَكِنْ يَنَالُهُ التَّقْوَى مِنْكُمْ

“Akan tetapi yang sampai kepada Allah adalah ketakwaan dari kalian.”
QS. Al-Hajj 37

Di dalam ayat yang mulia ini, ada dorongan untuk berlaku ikhlas dalam berkurban, hendaknya seorang yg berkurban hanya mencari wajah Allah Azza wa Jalla semata.

Bukan untuk berbangga-bangga atau untuk riya’ (ingin dilihat), atau sum’ah (ingin didengar) atau karena semata-mata tradisi.

Dan demikian juga pada seluruh ibadah, kalau tidak diiringi dengan ikhlas dan takwa kepada Allah, maka itu ibaratnya seperti kulit yang tidak ada isinya atau seperti jasad yang tidak ada ruhnya.

📑 Taisir Kariimi Ar-Rahmaan, Tafsir Surat Al-Hajj 37 hal 539

#tazkiyatun_nufus #ikhlas #kurban #takwa #riya’ #ruh

⏩|| Grup Whatsap Ma’had Ar-Ridhwan Poso
https://chat.whatsapp.com/EjQzy5ICzAhEl9JfIk5f5v

💽||_Join chanel telegram
http://telegram.me/ahlussunnahposo

🌏||_Kunjungi :
www.mahad-arridhwan.com

13 Views