NASEHAT TERKAIT MENYIKAPI AHLI MAKSIAT

🍃🌹 NASEHAT TERKAIT MENYIKAPI AHLI MAKSIAT

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah

Masalah ini, yaitu sesungguhnya sebagian penuntut ilmu jika mereka melihat seorang yang menyimpang dari segi akhlak, pemikiran atau perbuatan, mereka langsung membenci orang ini, dan menjadikan kebencian ini untuk menjauh dari orang ini, meninggalkan orang ini. Dan dia tidak berusaha untuk memperbaiki orang ini selamanya, kecuali orang-orang yang Allah kehendaki dari kalangan penuntut ilmu yang Allah berikan cahaya di hati mereka. Mereka memandang, kalau memboikot orang ini, membencinya dan menjauhi, serta menjauhkan orang darinya, mereka melihat ini sebagai bentuk ibadah.

Maka ini tidak ragu lagi, kalau ini adalah kesalahan. Karena kewajiban penuntut ilmu untuk mencegah dia dan menasehatinya. Betapa banyak manusia yang berada dalam kelalaian, kemudian apabila dinasehati dia pun menerimanya.

📑 Kitab Al-Ilmi 104

هذه المساله وهي أن بعض طلبة العلم إذا رأوا المنحرف خلقيا أو فكريا وعمليا يكرهونه و يتخذون من هذه الكراهة نفورا منه وبعدا عنه ولا يحاولون أبدا أن يصلحوا إلا من شاء الله من طلبة العلم الذين أنار الله قلوبهم ويرون أن هجره وكراهته والبعد عنه وتنفير منه يرون ذلك قربة. وهذا لا شك أنه خطأ لأن الواجب على طلبة العلم أن يمسكه ينصحوا كم من إنسان في غفلة فإذا نصح استجاب

⏩|| Grup Whatsap Ma’had Ar-Ridhwan Poso
https://chat.whatsapp.com/GPGA8RjzvS5K9K49rw7QC9

💽||_Join chanel telegram
http://telegram.me/ahlussunnahposo