NASEHAT TERKAIT MAHALNYA MAHAR MENJADIKAN SULIT MENIKAH

NASEHAT TERKAIT MAHALNYA MAHAR MENJADIKAN SULIT MENIKAH

Syaikh Abdul Aziz bin Baaz rahimahullah

Pertanyaan :

Para Pemuda dan Pemudi mengalami kesulitan untuk menikah dan untuk menjalani hidup berumah tangga, karena sebab mahal yang mahar. Apa nasehat Syekh yang mulia tentang hal itu?

Jawaban :

Tidak ragu lagi, sesungguhnya mahar yang mahal termasuk sebab terbesar tertundanya pernikahan. Dan terus membujangnya pemuda dan pemudi itu disebabkan karena mahalnya mahar. Dan ini juga yang berkaitan dengan tema ini, tema rumah tangga.

Karena terlambatnya para pemuda dan pemudi dalam menikah itu menyebabkan berbagai problema. Maka wajib untuk memperhatikan hal ini dan wajib bersemangat untuk tidak bermewah-mewah berbangga-bangga dalam mahar, pesta dan selainnya.

Karena sesungguhnya bermegah-megah dan bermewah-mewah dalam hal ini dari segi mahalnya mahar dari segi berlebih-lebihan dalam mengadakan pesta pernikahan, semua ini akan memudharatkan semua pihak, akan menyebabkan berbagai macam problema yang besar terjadi.

Dan wasiat saya kepada semuanya, hendaknya memperhatikan hal ini dan memudahkan urusan mahar, memberi keringanan dan bersederhana sekadarnya yang mungkin saja, sambil memperhatikan untuk sederhana dalam pesta pernikahan dan meringankan nya, tidak perlu untuk bermegah-megah. Dan manusia sekarang sudah berada dalam kebaikan dan nikmat. Terasa berat bagi mereka kalau berlebih-lebihan dalam pesta pernikahan.

Sebaiknya dirimu wahai saudaraku untuk tidak berlebih-lebihan dalam pesta pernikahan, hendaknya engkau merasa cukup dengan sesuatu yang sederhana dalam pesta pernikahan.
Untuk mencukupkan dengan perkara sederhana yang dengannya bisa meraih sunnah, tanpa membuat dirimu susah. Tanpa membuat susah para undangan yang tidak mereka perlukan.

Apabila menyembelih yang mudah baginya satu, dua atau tiga ekor (kambing), maka itu sudah kebaikan yang banyak.
Demikian juga terkait urusan wanita, yang berkaitan dengan undangan pernikahan. Mengundang banyak wanita, mengumumkan dengan pengeras suara, begadang di malam hari, itu semua adalah kejelekan besar, kerusakannya besar.
Sederhana dalam itu semua merupakan kebaikan yang besar. Padanya ada kemudahan menikah, memperbanyak pernikahan, memperbanyak keturunan, semangat dalam kebaikan.

Semoga negeri ini diberi taufiq untuk beramal, yang dengannya Allah memberikan manfaat kepada umat.
Dengannya menjadi sebab banyak pernikahan, berkurangnya perzinaan, dengan membantu urusan mahar, sederhana dalam mahar, tidak berlebih-lebihan padanya, dan dalam pesta nikah.

Kita mohon kepada Allah semoga Dia memberikan Taufik kepada pemerintah, wulatul umur, ulama kaum muslimin dan seluruh individu kaum muslimin untuk perkara yang bermanfaat buat mereka bermanfaat buat masyarakat semua, bermanfaat bagi kaum fuqara dan orang-orang miskin mereka.
Kita memohon kepada Allah, semoga Dia memberikan Taufik kepada semuanya untuk kemaslahatan mereka, keselamatan mereka membantu mereka di waktu sekarang atau yang akan datang.

📑 Majmu Al-Fatawa 21/217-218

#keluarga #rumahtangga #fatwa

⏩|| Grup Whatsap Ma’had Ar-Ridhwan Poso

💽||_Join chanel telegram
http://telegram.me/ahlussunnahposo

🌏||_Kunjungi :
www.mahad-arridhwan.com

58 Views