CARA MENGOBATI PENYAKIT WAS-WAS

CARA MENGOBATI PENYAKIT WAS-WAS

Fatwa Al-Lajnah Ad-Daimah

Pertanyaan :

Apa pendapat yang rajih tentang masalah air kami mengharapkan faedah penjelasan dan Apa obat penyakit was-was dalam bersuci, yang mana Saya memiliki teman yang senantiasa was-was sampai kadang-kadang dia membiarkan sebagian pakaiannya basah meneteskan air di kamar mandi ketika berwudhu, sampai akhirnya dia meninggalkan shalat. dan aku sudah menasehatinya sampai dia mengulangi salat lagi dari awal. Hanya saja dia meminta kepadaku agar aku mau menunjuki dirinya untuk mengobati penyakit was-was ini.

Jawaban :

Segala puji bagi Allah semoga shalawat dan salam terlimpah kepada rasulNya, keluarganya dan sahabatnya, amma ba’du :

1⃣ Yang pertama, hukum asal dalam air itu adalah suci, apabila air berubah warnanya atau rasanya atau baunya karena benda najis, maka air tersebut dihukumi najis, sama saja, apakah airnya sedikit atau banya.

Apabila dia tidak berubah oleh benda najis, maka dia tetap suci akan tetapi apabila airnya jumlahnya sedikit sekali, maka sebaiknya tidak dipakai bersuci, dalam rangka untuk berhati-hati dan untuk keluar dari perselisihan ulama, dan juga mengamalkan hadits Abu Hurairah yang marfu’ :

إذا ولغ الكلب في إناء أحدكم فليرقه

“Apabila ada anjing menjilat di salah satu wadah kalian, maka hendaknya dia membuang airnya.”

2⃣ Yang kedua, mengobati was-was itu dengan memperbanyak dzikir mengingat Allah dan berdoa kepadaNya, memohon diselamatkan dari hal itu.

Dan hendaknya dia tidak pasrah mengikuti rasa was-wasnya.
Dan dia wajib menolak hal tersebut, apabila dia telah bersuci dengan berwudhu atau mandi junub, kemudian muncul rasa was-was bahwasannya dia belum membasuh kepalanya misalnya, maka janganlah dia mempedulikan hal itu. Bahkan hendaknya dia yakin kalau dirinya sudah membasuhnya.

Demikian juga di seluruh amalannya, hendaknya dia tidak mengikuti rasa was-was tersebut, karena itu berasal dari setan dan hendaknya dia memperbanyak isti’adzah (minta perlindungan) kepada Allah dari godaan setan. Karena was-was itu datangnya dari setan yang senantiasa memberikan bisikan-bisikan dan senantiasa bersembunyi.

Allah semata tempat meminta taufiq.
Semoga Shalawat dan salam terlimpah kepada Nabi kita Muhammad, keluarganya dan sahabatnya

📑 Fatwa Al-Lajnah Ad-Daimah 5/225-226

#fiqih #bersuci #waswas #dzikir

⏩|| Grup Whatsap Ma’had Ar-Ridhwan Poso
https://chat.whatsapp.com/EjQzy5ICzAhEl9JfIk5f5v

💽||_Join chanel telegram
http://telegram.me/ahlussunnahposo

🌏||_Kunjungi :
www.mahad-arridhwan.com

🍁🍁🍁🍁🍁🍁🍁🍁🍁🍁

13 Views