BOLEHKAH BERPUASA TANGGAL 13 DZULHIJJAH DENGAN NIAT PUASA AYYAAMUL BIIDH?

BOLEHKAH BERPUASA TGL 13 DZULHIJJAH DENGAN NIAT PUASA AYYAAMUL BIIDH?

Syaikh Abdul Aziz bin Abdillah bin Baaz rahimahullah

Pertanyaan ;

Ibuku yg semoga Allah memberi taufiq kepadanya, berpuasa pada 3 hari ayyamul Biidh setiap bulannya, kebetulan bertepatan dengan hari tiga belas dzulhijjah, hari ketiga hari tasyriq, apakah dia bisa berpuasa padanya? Atau kah cukup berpuasa pada tanggal 14 dan 15 Dzulhijjah saja?

Jawaban :

Tidak boleh bagi ibumu dan juga selainnya untuk berpuasa pada tanggal 13 Dzulhijjah karena Nabi ﷺ melarang berpuasa di hari tasyriq. Beliau ﷺ bersabda :

إنها أيام أكل وشرب وذكر الله

Sesungguhnya hari tasyriq adalah hari makan dan minum dan berdzikir mengingat Allah.
(HR. Ahmad)

Kecuali jamaah haji yg tidak mampu menyembelih hadyu dalam haji Tamattu’ atau Qiran, maka tidak mengapa ia berpuasa padanya, berdasarkan hadits riwayat Bukhari dari Aisyah dan Ibnu Umar radhiyallahu anhuma, keduanya mengatakan :

لم يرخص في أيام التشريق أن يصمن إلا لمن لم يجد الهدي

Rasulullah shallallahu ﷺ tidak memberi keringanan untuk berpuasa di hari tasyriq kecuali jamaah haji yg tidak mendapatkan hadyu.”
(HR. Bukhari)

Ibumu boleh berpuasa di tanggal 14 dan 15 Dzulhijjah. Dan jika mau, maka ia bisa berpuasa pada 16 Dzulhijjah sehingga genap tiga hari. Itu yg afdhal. Karena Nabi ﷺ berwasiat kepada beberapa sahabat untuk berpuasa tiga hari pada setiap bulannya. Sama saja, apakah bertepatan ayaamul biidh ataukah tidak, akan tetapi jika bertepatan dengan ayaamul biidh maka itu lebih baik.
Allah semata tempat meminta Taufiq.

📑 Soal jawab yg diajukan kepada Syaikh dalam Majalah Al-Arabiyyah.

https://binbaz.org.sa/

⏩|| Grup Whatsapp Ma’had Ar-Ridhwan Poso

💽||_Join chanel telegram
http://telegram.me/ahlussunnahposo

9 Views