TANDA-TANDA HUSNUL KHATIMAH Bagian ke empat (selesai)

🍃🌻🌎 TANDA-TANDA HUSNUL KHATIMAH

Bagian ke empat (selesai)

Syaikh Nasiruddin Al-Albani rahimahullah

1⃣3⃣ Yang ke-13 : Mati karena sakit TBC, berdasarkan sabda Nabi ﷺ :

Terbunuh dijalan Allah itu syahid, wanita yang meninggal di masa nifas itu syahid, mati terbakar itu syahid, mati tenggelam itu syahid, orang yang mati terkena TBC itu syahid, orang sakit perut itu syahid.
HR. Thabrani.

1⃣4⃣ Yang ke 14 : Orang yang meninggal karena mempertahankan harta, dari orang yg ingin merampasnya. Berdasarkan sabda Beliau ﷺ :

“Barangsiapa yang terbunuh mempertahankan hartanya, (Dalam riwayat lain : Barang siapa dirampas hartanya dengan tanpa haq, lalu dia berperang kemudian dia terbunuh), maka dia Syahid.”
HR Bukhari Muslim.

1⃣5⃣ dan 1⃣6⃣ Yang ke-15 dan 16 : Mati ketika mempertahankan agama dan mempertahankan jiwanya, berdasarkan sabda Nabi ﷺ :

“Barangsiapa yang terbunuh membela hartanya maka dia Syahid, barangsiapa terbunuh membela keluarganya maka dia Syahid, barangsiapa terbunuh membela agamanya, maka dia syahid, barangsiapa yang terbunuh membela darahnya maka dia syahid.”
HR. Abu Daud dan Nasa’i.

1⃣7⃣ Yang ke-17 : Mati ketika ribath (berjaga-jaga) di medan jihad fisabilillah, berdasarkan sabda beliau ﷺ :
“Melakukan ribath (berjaga-jaga) sehari semalam itu lebih baik daripada berpuasa sebulan dan shalat malamnya. kalau dia mati maka amalannya akan terus mengalir yang biasa dia amalkan, dan akan terus mengalir pula rezekinya dan dia akan diberi keamanan dari 2 fitnah.
HR. Muslim dan Nasa’i.

1⃣8⃣ Yang ke 18 : Mati ketika sedang melakukan amal sholeh. Berdasarkan sabda Beliau ﷺ :

من قال لا إله إلا الله ابتغاء وجه الله ختم له بها دخل الجنة, ومن صام ابتغاء وجه الله ختم له بها دخل الجنة, ومن تصدق بصدقة ابتغاء وجه الله ختم له بها دخل الجنة

“Barangsiapa yang mengucapkan Laa ilaaha illallahu karena mengharapkan wajah Allah, kemudian dia mati dengan kalimat tersebut maka dia akan masuk surga, barangsiapa yang berpuasa karena mengharap wajah Allah, dia mati ketika melakukan amalan tersebut, maka dia akan masuk surga. Barangsiapa yang bersedekah dengan satu sedekah karena mengharap wajah Allah, kemudian dia mati ketika

melakukan amalan tersebut, maka dia akan masuk surga.”
HR. Ahmad dari Hudzaifah radhiyallahu ‘anhu dengan sanad yang shahih.”

📑 Al-Ikhtiyaraat Al-Fiqhiyah 277-278

#husnulkhatimah #syahid #jihad #surga #amalan

⏩|| Grup Whatsap Ma’had Ar-Ridhwan Poso

💽||_Join chanel telegram
http://telegram.me/ahlussunnahposo